Sidoarjo, Kampus Ursulin – Sanmaris, para staf, guru dan karyawan Kampus Santa Maria Sidoarjo tak berhenti untuk terus belajar dan menempa diri. Pada hari Sabtu 19 Oktober 2024 yang lalu bersama Bapak Lexi Pranata Budidharmanto, mereka diajak untuk melihat kembali motivasi memberikan layanan yang sangat baik dalam karya di Kampus tercinta.
Pak Lexi, yang menjadi narasumber kegiatan bertajuk Workshop Service Excellence (Melayani dengan Cinta dan Welas Asih : Membangun Service Excellence Berbasis Serviam) ini adalah juga seorang dosen di Universitas Ciputra Surabaya.
Dalam sesi selama 2 jam tersebut beliau menyampaikan berbagai hal dalam memberikan layanan yang patut dicermati dan diperhitungkan. “Semua pihak, mulai dari pimpinan, guru, karyawan, bahkan security harus bersama-sama berusaha memberikan layanan yang maksimal dan excellent,” tegasnya.
Menurut beliau, suatu kesan yang dirasakan oleh customer yang pertama adalah berasal dari people. Berbagai hal yang termasuk di bagian ini adalah penampilan, tutur kata, sikap, bahasa tubuh, dll, bahkan sampai bau mulut dan bau badan. Bagian kedua yakni process yang berkaitan dengan bagaimana kita menerima kehadiran seseorang, bagaimana kita menyampaikan suatu hal, dan juga kelengkapan elemen yang kita punya, misalnya dokumen yang lengkap, peralatan yang lengkap, dll. Bagian terakhir yaitu place. Bagaimana keadaan dan kebersihan tempat kita? Bukan hanya kantor dan ruang tunggu, melainkan juga toilet, parkiran, taman, pos satpam, meja kerja dan lain sebagainya.
Di bagian akhir sesi, dosen yang ahli dalam bidang Risk Management, Hospitality Facility Management dan Research Proposal ini menambahkan bahwa pemberian layanan harus tepat dan sesuai dengan kebutuhan customer. Selain itu juga harus berkelanjutan (dari semua pihak), mulai dari security, tata usaha, staff, guru, siswa, dst.
Beliau juga mengapresiasi dan mengingatkan bahwa Kampus Santa Maria Sidoarjo sebenarnya sudah mempunyai value yang luar biasa serta menjadi modal dalam memberikan layanan yang maksimal. Semangat cinta dan belas kasih tentunya adalah kunci agar semua komponen di Kampus mampu memberikan layanan yang terbaik pada orang tua, siswa dan siapa pun yang berkunjung ke Santa Maria Sidoarjo.
Nicolaus Henry S.