News &
Updates

News Image

Share

Bersama Pras, Membuat Berita Jadi Berkelas
20 Mei 2023

Sabtu (20/5/2023) seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan KB/TK dan SD Santa Maria II Sidoarjo mengikuti pelatihan jurnalistik di aula SD mulai pukul 08.00 WIB. F.X. Rudy Prasetya, S.S., M.Med.Kom. yang disapa Pras memaparkan berbagai tips dan trik dalam menulis berita di media online yang bisa digunakan peserta. 

Pras, seorang praktisi jurnalistik dan juga guru di SMA Santa Maria didapuk sebagai narasumber dari kegiatan yang dihelat untuk semua guru di Yayasan Paratha Bhakti Surabaya. Dengan berbagai pengalaman dan prestasi di bidang jurnalistik dan media komunikasi, dosen luar biasa di beberapa Universitas ternama di Surabaya ini membagikan pada peserta bagaimana membuat berita online. 

Di awal kegiatan, Pras menyampaikan urgensi bagi setiap unit untuk memaksimalkan website yang telah dibuat oleh yayasan. Pelanggan akan tertarik dan mengenal unit-unit kita lewat sajian, dalam hal ini yaitu berita yang diberikan di website. ”Intinya berita itu seharusnya  everyday fresh, everyday update dan everyday real time”, pesannya.

Hal ini mengingat karena pembaca bersifat mudah bosan dan tidak setia, maka berita-berita yang dibuat pun harus menyesuaikan kondisi tersebut. Berita harus memiliki news value yakni diantaranya memiliki dampak yang besar bagi pembaca, menyentuh emosional pembaca, dekat dengan pembaca serta up to date dan unusual (tidak biasa). 

Di akhir pemaparan, Pras, yang sudah lama berkecimpung dalam dunia media komunikasi, menegaskan berita pada media online harus pada level WOW yakni up to date atau disampaikan saat peristiwa tersebut berlangsung, bukan seusai peristiwa atau keesokan harinya, tegasnya.

Selain memberikan materi, Pras juga memberikan evaluasi terhadap berita-berita yang sudah dimuat di website unit masing-masing. Peserta tentunya mendapatkan insight dan pengetahuan baru lewat evaluasi yang disampaikan tersebut untuk membuat berita yang akan datang. 

Seusai menyampaikan materi, Pras meminta semua peserta untuk membuat liputan berita hard news berdasarkan topik yang telah disampaikan. Seluruh peserta tampak serius di depan laptop masing-masing dan bersungguh-sungguh membuat berita terbaik yang mereka bisa. Setelah dikoreksi oleh narasumber, akan dipilih satu berita yang paling bagus dan berita tersebut akan dimuat di Website Santa Maria

Setelah kegiatan ini, diharapkan adanya geliat dan konsistensi dalam penulisan berita di website. Ke depannya bisa jadi tidak hanya dari para guru, namun juga siswa, orang tua, bahkan alumni bisa ikut menjadi kontributor. 

Bertepatan dengan hari kebangkitan nasional ini, semoga juga menjadi hari kebangkitan website SD Santa Maria II dan berita-berita yang dimuat menjadi lebih berkelas. 

 

Penulis : Nicolaus Henry Supriyanto, M.Pd.