News &
Updates

News Image

Share

Bunda Maria, Sang Perantara
22 Mei 2023

Dalam rangka bulan Maria, mulai tanggal 16 sampai akhir bulan Mei 2023 nanti  siswa-siswi SD Santa Maria II secara bergantian berdoa rosario bersama di depan Patung Bunda Maria yang telah berusia 100 tahun. 

Siswa dan siswi yang didampingi guru kelas tampak berdoa dengan khusuk di area taman depan Kampus Santa Maria II tersebut. Ada beberapa ujud khusus yang dihunjukkan yakni kelancaran proses penerimaan murid baru, pelaksanaan ujian praktek kelas 6, serta mohon kesehatan dan keselamatan seluruh warga Kampus Santa Maria Sidoarjo. 

Perikop di Injil Yohanes menceritakan saat pesta perkawinan di Kana, Bunda Maria mendapati bahwa tuan rumah kehabisan anggur. Yesus, putraNya kemudian mengatakan bahwa itu bukanlah saat bagiNya untuk melakukan sesuatu. Namun dengan keyakinan penuh bahwa Yesus akan menolong mereka, Maria mengatakan agar para pelayan mengikuti serta melakukan apa yang diucapkan Yesus. Dan akhirnya  Yesus menyelamatkan tuan rumah tersebut lewat perubahan air menjadi anggur. 

 

Umat Katolik sebenarnya dapat berdoa langsung kepada Yesus, atau kepada Allah Bapa, dengan Pengantaraan Yesus. Hal tersebut bisa kita lakukan dengan mengikuti perayaan ekaristi di Gereja setiap Minggu ataupun berdoa secara pribadi maupun berkelompok. 

Namun, Gereja berdasarkan perikop Injil di atas (Yohanes 2:1-11) juga mengajarkan bahwa umat Katolik juga bisa untuk memohon dukungan doa dari Bunda Maria. Kita bisa memohon pertolongan Bunda Maria agar mendoakan ujud doa-doa kita itu di hadapan Yesus atau menghantarkannya pada Yesus seperti yang Maria lakukan saat perkawinan di Kana tersebut. 

 

Secara lebih spesial, Gereja juga mengajarkan bahwa bulan Mei juga ditentukan sebagai bulan Maria.  Surat ensiklik Paus Paulus VI yakni The Month of Mary menyatakan bahwa “Bulan Mei adalah bulan di mana devosi umat beriman didedikasikan kepada Bunda Maria yang terberkati,”. Lebih lanjut di bulan Mei umat Katolik di setiap bagian dunia baik di gereja maupun secara pribadi di rumah, mempersembahkan penghormatan dan doa dengan penuh kasih kepada Maria dari hati mereka. 

Bunda Maria, sang perantara kami, hantarkan doa-doa kami pada PutraMu.  Amin.