Sidoarjo, Kampus Ursulin – Sanmaris, di hari Selasa 20 Desember 2023 para orang tua SD Sanmar Sidoarjo mengantri di depan kelas untuk menerima hasil pembelajaran (rapor) semester satu dari masing-masing wali kelas. Orang tua siswa menyambut kegiatan ini dengan antusias dan penuh suka cita.
Enam bulan sudah dilalui oleh siswa SD Santa Maria Sidoarjo dengan penuh suka cita dan semangat. Begitu banyak pelajaran dan kegiatan yang telah dilalui. Selama semester tahun ini ada beberapa perubahan dan tambahan program pembelajaran yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.
Program literasi dilakukan di pagi hari selama 75 menit untuk meningkatkan kemampuan membaca dan memahami suatu materi baik teks tulisan maupun lisan. Program tersebut terbagi menjadi dua yakni kegiatan literasi di mana siswa membaca dan memahami materi yang disampaikan dan kegiatan refleksi di mana siswa melakukan sesuatu berdasarkan atau merujuk pada materi dalam teks tersebut. Kegiatan refleksi bisa meliputi diskusi, menceritakan kembali dalam berbagai bentuk (presentasi, komik, poster, gambar, puisi, cerita dengan bahasa sendiri, dll), bermain peran, dan lain sebagainya.
Selain itu juga ada kegiatan belajar dalam berbagai bentuk proyek. Tahun pelajaran 2023/2024 ini ada tiga jenis proyek di SD Santa Maria Sidoarjo yakni Proyek Integrated Learning (IL), Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dan Proyek Serviam. Ketiga jenis proyek tersebut tidak hanya menekankan pada materi belajar, namun juga pada karakter-karakter baik yang perlu dimiliki dan ditanamkan pada diri siswa. Guru pun tidak fokus hanya pada penilaian konsep serta materi pembelajaran, namun ke penilaian yang lebih holistik yaitu penilaian yang mencakup seluruh pencapaian siswa pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan.
Saat menyerahkan rapor kepada orang tua, guru pun juga menyampaikan berbagai hal mulai dari hasil pencapaian belajar (nilai) serta sikap yang ditemukan saat berkegiatan bersama siswa selama satu semester ini. Harapannya, apabila masih ditemukan hal-hal yang perlu ditingkatkan pada diri siswa, keduanya baik orang tua maupun guru mampu bekerjasama membantu siswa mencapai level atau tahap yang lebih baik. Sinergi yang baik antara orang tua dan guru sangat diperlukan dalam proses pembelajaran dan tumbuh kembang siswa.
Penulis: Inka Selviana
Editor : Nicolaus Henry