Air menjadi salah satu elemen yang penting dalam kehidupan kita, manusia. Setiap hari kita membutuhkan dan memakai air. Bahkan, teman-teman tahu tidak, bahwa sekitar 65 % tubuh kita mengadung air. Maka tidak heran ya, kita harus selalu minum banyak air agar tubuh kita tidak kekurangan air.
Air dan berbagai fenomenanya juga selalu kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Namun, fenomena alam yang saat ini terjadi seperti curah hujan tinggi dan banjir di beberapa daerah di Indonesia menimbulkan keprihatinan. Bertolak dari peristiwa tersebut, guru kelas 5 mengajak siswa untuk berkegiatan melihat segala sesuatu yang berhubungan dengan air, utamanya siklus air beserta faktor-faktornya. Rangkaian kegiatan tersebut dilakukan dalam proyek pembelajaran terpadu berjudul ‘Booklet Digital Pemanfaatan Air dengan Bijak’
Ibu Laurencia, salah satu wali kelas 5 menyampaikan bahwa tujuan proyek ini adalah menambah pengetahuan siswa tentang siklus air dan faktor-faktor yang memengaruhi, meningkatkan keterampilan siswa dalam penggunaan aplikasi canva serta berkomunikasi. Selain itu juga mengedukasi orang lain tentang faktor-faktor yang memengaruhi siklus air dan menumbuhkan niat untuk memanfaatkan air dengan lebih bijaksana.
Lalu, apa saja sih kegiatan yang dilakukan siswa?
Tidak hanya 1 kegiatan lho, ada banyak sekali tahapan kegiatan yang harus dilakukan siswa. Pertama-tama mereka menyimak berita-berita di berbagai media tentang fenomena banjir. Kemudian para siswa melakukan observasi kondisi serta pemanfaatan dan pengelolaan air di lingkungan sekolah, mewawancarai beberapa orang yang ditemui di lingkungan sekolah (orang tua siswa, staf yayasan, security, karyawan, guru) dan berliterasi serta berdiskusi tentang kondisi, pemanfaatan, dan pengelolaan air di sekolah. Setelah banyak bahan yang dikumpulkan, mereka kemudian menyusun perencanaan proyek bersama kelompok, mengerjakan proyek (membuat desain booklet dan membuat konten booklet menggunakan aplikasi canva).
Setelah booklet selesai dibuat, mereka menyebarkan booklet tersebut beserta dengan link google form kepada responden (siswa dari sekolah lain, orang tua, saudara, adik kelas) untuk mendapatkan feedback mengenai booklet tersebut. Setelah beberapa waktu kemudian, mereka merekap dan menganalisis hasil pendapat responden serta memberikan presentasi di depan wali kelas dan guru bidang studi yang terlibat. Dalam satu proyek ini ada lima pelajaran yang terlibat loh, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab dlm memanfaatkan air, Bahasa Indonesia tentang teks eksplanasi, Ilmu Pengetahuan Alam tentang siklus air, ilmu Pengetahuan Sosial tentang kegiatan ekonomi yang memanfaatkan air, dan yang terakhir PJOK tentang olah raga air. Wah, seru sekali ya.
Bagaiamana ya tanggapan teman-teman kelas 5 terhadap kegiatan ini?
Secara umum dalam proyek ini yang menarik bagi siswa adalah saat berliterasi dengan melakukan observasi di lingkungan sekolah, pembuatan booklet digital menggunakan aplikasi canva, serta mendapat feedback dari responden. Ashira dari kelas 5A menyetujui hal tersebut. Dia menyampaikan bahwa saat mencari informasi dan membuat booklet adalah hal-hal yang sangat menyenangkan baginya. Ditambah lagi bila mengerjakan booklet bersama dengan teman kelompok, wah seru dan menyenangkan, tambah Abigail 5B.
Namun ternyata ada beberapa kesulitan lho yang mereka hadapi. Diantaranya Messi 5B menyampaikan bahwa kesulitan yang dia hadapi adalah saat mencari gambar-gambar yang sesuai. Sedangkan Ashira 5A mengatakan kesulitannya adalah saat ada teman sekelompok yang tidak masuk, sehingga dia harus mengerjakan proyeknya sendirian.
Meskipun begitu, puji Tuhan teman-teman kelas 5 bisa menyelesaikan proses integrated learning tersebut dengan baik. Berikut adalah link booklet digital yang bisa pembaca nikmati.
Yuk, bijak menggunakan air. (red, Cia & Jeanete)
Apa itu air ? https://heyzine.com/flip-book/5003606acc.html
Air adalah Segalanya https://heyzine.com/flip-book/85ca219e39.html