News &
Updates

News Image

Share

Serunya Belajar Tentang Alam di Kebun Petik Strawberry
14 Maret 2024

Sidoarjo, Kampus Ursulin – Sanmaris, kebun petik strawberry yang berlokasi di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto menjadi salah satu tempat edukasi yang sangat menarik untuk dikunjungi. 

Petik Strawberry Padusan ini menyediakan berbagai macam kegiatan seperti mengenal kebun strawberry, belajar menanam strawberry, petik buah strawberry, mengolah buah strawberry, fun game, feeding fish, taman kelinci, dan edukasi burung. Daya tarik yang ditawarkan oleh Petik Strawberry Padusan tersebut menjadi alasan bagi guru kelas 1 untuk membawa peserta didik kelas 1 dalam kegiatan ODL (Outdoor Learning).

Hari Kamis, 22 Februari 2024, rombongan peserta didik kelas 1 tiba di Kebun Padusan pada pukul 09.00 WIB. Mereka langsung disambut oleh kakak-kakak pembimbing dari Fresh Outbound dengan kegiatan ice breaking gerak dan lagu. Ice breaking ini berguna untuk menumbuhkan semangat anak-anak dalam mengikuti rangkaian kegiatan. Setelah kegiatan ice breaking, anak-anak melanjutkan kegiatan mengenal kebun strawberry dengan melihat langsung tanaman-tanaman strawberry yang ada di lokasi. Mereka juga diberi penjelasan tentang cara menanam dan merawat tanaman strawberry yang benar hingga menghasilkan buah strawberry yang bagus. Setelah mendapat pengetahuan baru tentang strawberry, anak-anak diajak untuk membuat pancake dengan memberi topping potongan strawberry yang sangat nikmat.

Selesai menikmati pancake buatan mereka sendiri, mereka melanjutkan perjalanan menuju taman kelinci dan taman edukasi burung. Di taman kelinci, anak-anak diajari cara merawat hewan kelinci. Anak-anak sangat antusias mendengarkan penjelasan dari kakak-kakak pembimbing. Mereka juga diberi kesempatan untuk memberi makan kelinci. Mereka sangat gembira karena bisa memegang hewan yang sangat lucu dan menggemaskan tersebut. Mereka juga diajak untuk memberi makan ikan yang ada di dekat taman kelinci tersebut. Setelah puas memberi makan ikan, anak-anak diajak untuk melakukan kegiatan terakhir yaitu edukasi burung. Di edukasi burung, anak-anak dikenalkan dengan jenis-jenis burung dan diajarkan pula cara merawatnya. Tak lupa, mereka juga diberi kesempatan untuk memegang langsung dan berfoto dengan burung-burung tersebut.

Kegiatan ODL kelas 1 ini dirancang terintegrasi dalam pembelajaran berbasis proyek. Proyek yang akan dilakukan siswa kelas 1 adalah membuat olahan yang memanfaatkan hasil kebun sekolah yaitu sukun menjadi stik sukun. Proyek ini mengintegrasikan mata pelajaran Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, serta penanaman karakter membangkitkan semangat kemandirian bersama dengan alam.

Dengan adanya kegiatan ODL di tempat ini, minat belajar peserta didik tentang lingkungan terutama tumbuhan dan hewan akan bertumbuh. Mereka juga dapat mempraktikkan dan juga mengalami secara langsung bagaimana cara menanam, merawat, dan mengolah hasil kebun strawberry. Mereka juga diajarkan secara langsung sikap kepedulian terhadap hewan-hewan yang ada di lingkungan sekitar.

 

Penulis : 

Natalina Eliceana K., S.Pd. 

Caecilia Dwi K., S.Pd.