News &
Updates

News Image

Share

Ekstrakurikuler #12 : Coding
7 Maret 2025

Sidoarjo, Kampus Ursulin – Sanmaris, dalam rangka mengembangkan potensi peserta didik secara optimal serta terpadu yang melingkupi bakat, minat, serta kreativitas, SD Santa Maria menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler di tahun pelajaran 2024/2025 ini. Total sebanyak 19 jenis ekstrakurikuler ditawarkan pada seluruh siswa. Mulai bulan Agustus yang lalu, setiap bulannya 2 jenis ekstrakurikuler akan diulas di sini. Untuk kesempatan kedua belas ini yang akan ditampilkan adalah ekstrakurikuler Coding.    

Perkembangan perangkat lunak atau aplikasi dewasa ini tidak terlepas dari para programmer yang mengembangkannya. Mereka membuat program dari sebuah aplikasi dengan meng coding aplikasi tersebut. Coding yakni sebuah tindakan dari langkah-langkah pemrograman dengan menuliskan kode atau skrip dalam bahasa pemrograman. 

Dalam kegiatan meng-coding, programmer hendak memberitahukan komputer apa yang harus dia kerjakan dalam aplikasi/perangkat lunak yang ditentukan. Setiap kode yang ditulis seorang programmer akan membantu komputer untuk mengetahui dan memahami apa yang ingin mereka lakukan pada komputer. Komputer akan menerima perintah ini dan komputer akan melakukan operasi berdasarkan perintah yang dituliskan.

Mempelari coding ternyata mempunyai banyak manfaat bagi anak-anak.  Manfaat mempelajari coding yakni meningkatkan kemampuan problem solving, meningkatkan kemampuan computational thinking, meningkatkan kreativitas, meningkatkan kemampuan komunikasi, mendorong kegigihan anak serta meningkatkan kemampuan literasi digital. selain itu dipercaya juba bahwa coding akan membantu anak-anak untuk terus belajar, membangun winning mindset, mengembangkan keterampilan logis dan matematis, dan meningkatkan rasa percaya diri serta kemandirian. 

SD Santa Maria Sidoarjo bekerjasama dengan lembaga Diginusa untuk penyediaan ekstrakurikuler coding. Dari wawancara dengan salah satu pengajar, didapatkan informasi bahwa peserta ekskur akan diajari untuk coding membuat kit. Mereka akan menggunakan Platform coding visual seperti Scratch atau Blockly yang sangat cocok untuk anak-anak yang baru mulai belajar coding. Platform ini menggunakan blok-blok kode yang mudah dipahami dan diatur, sehingga anak-anak mampu membuat program sederhana dengan cepat dan mudah.

Jasver, salah satu peserta ekskur coding dari kelas 6 menyampaikan bahwa dia senang mengikuti ekskur ini karena dia bisa main komputer. Dia juga menambahkan bahwa dengan mengikuti ekskur, dia  tahu banyak tentang kode-kode coding. Selain itu, Titi dari kelas 5 menambahkan bahwa ekskur ini seru. Dia bisa membuat game. “Aku akan belajar coding dengan lebih baik dan tahun depan mau ikut lagi”, pungkasnya. 

 

Penulis : Nicolaus Henry S. 

https://sd-sda.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/ekstrakurikuler-1-futsal 

https://sd-sda.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/ekstrakurikuler-2-basket 

https://sd-sda.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/ekstrakurikuler-3-robotika 

https://sd-sda.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/ekstrakurikuler-4-bulu-tangkis 

https://sd-sda.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/ekstrakurikuler-5-paduan-suara 

https://sd-sda.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/ekstrakurikuler-6-karate 

https://sd-sda.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/ekstrakurikuler-7-melukis

https://sd-sda.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/ekstrakurikuler-8-broadcasting

https://sd-sda.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/ekstrakurikuler-9-atletik

https://sd-sda.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/ekstrakurikuler-10-modern-dance

https://sd-sda.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/ekstrakurikuler-11-musik-dan-biola